Gejala Engine Mounting Sudah Rusak


Mesin kendaraan termasuk mobil akan selalu menghasilkan getaran setiap kali mesin dijalankan sehingga mesin mobil yang berat harus ditopang dengan baik. Mesin mobil umumnya diletakkan pada rangka mobil atau chasis yang dilengkapi dengan suatu komponen yang menjadi dudukannya yaitu engine mounting. Komponen yang terbuat dari karet ini berfungsi sebagai dudukan mesin pada chasis sekaligus sebagai peredam getaran yang ditimbulkan saat mesin menyala agar getaran yang dihasilkan tidak merambat ke rangka atau kabin mobil. Mobil yang dilengkapi dengan dudukan mesin akan tetap tenang karena getaran yang diterima dari mesin telah dikurangi atau diredam oleh dudukan mesin. Namun, dudukan mesin juga dapat mengalami kerusakan.

Tanda Dudukan Mesin Minta Diganti

Dudukan mesin atau engine mounting memiliki peran yang sangat penting pada mobil. Namun, komponen yang satu ini dapat mengalami penurunan fungsi atau bahkan rusak. Komponen yang satu ini harus segera diganti jika mengalami kerusakan. untuk mengetahui kapan komponen dudukan mesin harus diganti, ada beberapa ciri dan tanda yang dapat Anda perhatikan. Tanda yang pertama adalah getaran yang terasa lebih kencang daripada biasanya hingga terasa pada bodi mobil. Dudukan mesin memiliki fungsi untuk meredam getaran sehingga saat komponen tersebut rusak getaran yang dihasilkan mesin mobil akan terasa lebih kencang. Selain getaran yang terasa lebih kencang, mesin yang berbunyi ‘gluduk gluduk’ juga merupakan tanda bahwa dudukan mobil sudah rusak. Tanda lain yang dapat menjadi ciri bahwa dudukan mobil sudah rusak adalah terdengar bunyi tak lazim dari ruang mesin saat mobil melewati jalanan yang kasar, timbul bunyi dug-dug saat melepas pedal kopling serta terdengar suara gluduk dari ruang mesin saat lepas gas.

Baca juga : Peran Engine Mounting

Engine mounting yang sudah rusak harus cepat diganti salah satunya di tempat resmi untuk servis Daihatsu karena komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting. Apabila dudukan mobil yang rusak tidak segera diganti, efek yang ditimbulkan bermacam-macam dari yang ringan hingga yang parah.

Comments