Katsu untuk Bekal Sekolah


Anak akan selalu membutuhkan energi lebih untuk menjalani hari-harinya di sekolah. Oleh karena itu, ibu wajib memberikan energi yang diperlukan bagi anak misalnya dengan memberinya bekal. Dengan cara ini, ibu dapat mencegah anak agar tidak makan sembarangan. Untuk menu bekal sekolah, ibu dapat memilih menu yang disukai anak, termasuk katsu.

Katsu

Katsu merupakan salah satu menu makanan jepang. Biasanya, katsu terbuat dari fillet daging yang dilumuri tepung kemudian digoreng. Oleh karena itu, ibu dapat menggunakan daging yang anak sukai untuk dibuat menjadi katsu, misalnya daging ayam atau daging ikan. Selain itu, ibu juga dapat menambahkan sayuran dan saus pada bekal sekolah anak. Pastikan juga kalau ibu memberikan nasi sebagai sumber energi dan karbohidrat. Dengan begitu, anak tidak hanya merasa kenyang, tetapi juga dapat melakukan setiap aktivitasnya di sekolah dengan lancar. Cara membuat katsu sangat mudah. Misalnya fish katsu. Ibu hanya perlu menyiapkan fillet ikan, air perasan jeruk nipis, telur, tepung terigu, tepung panir, air, butter, dan bumbu seperti garam, bawang putih bubuk, serta lada putih bubuk sebagai penambah rasa. Sebelum digoreng, ibu perlu mencuci fillet ikan terlebih dahulu hingga bersih. Setelah itu, lumuri menggunakan jeruk nipis dan diamkan selama 5–10 menit agar aroma amisnya hilang. Jika sudah, lap daging ikan menggunakan tisu dapur lalu lumuri dengan bumbu yang telah disiapkan, yaitu bawang putih bubuk, lada bubuk dan garam. Kocok telur pada wadah lain, tambahkan tepung terigu, butter, dan sedikit air, tetapi jangan sampai terlalu encer. Lumuri daging ikan dengan adonan sampai rata, kemudian lumuri dengan tepung panir yang telah disiapkan di wadah lain. Simpan di dalam lemari es semalaman agar tepung benar-benar menempel. 

Ibu dapat menggoreng fish katsu untuk bekal sekolah anak kapan saja karena praktis. Pastikan menggorengnya dengan minyak panas dan api sedang agar matangnya merata. Jika sudah siap, ibu bisa memberikannya kepada anak sembari mengantarnya ke sekolah dengan Daihatsu.

Comments